Posted on: December 3, 2020 Posted by: Admin Comments: 0
Google Bisnisku Cindaga Comms

Apa itu Google Bisnisku?

Google Bisnisku adalah fitur gratis dari Google yang memungkinkan teman-teman mempromosikan Profil Bisnis dan situs bisnis via Google Search dan Google Maps. Aplikasi ini bisa diunduh di playstore, teman-teman.

Kenapa Pakai Aplikasi Google Bisnisku yang Terintegrasi dengan Google Search?

Karena eh karena, traffic pencarian di mesin pencari Google itu sudah mencapai jutaan setiap harinya. Berdasarkan data tahun 2018, traffic di Google.id itu 2,9 juta per hari.

Tentunya di tahun 2020 ini semakin bertambah ya. Apalagi pas musim Corona begini. Apa-apa kita belinya online 🙂

Dengan aplikasi Google Bisnisku, teman-teman tidak hanya mendapatkan listingan bisnis, namun juga bisa memposting pembaruan ke Profil Bisnis, dan melihat cara pelanggan berinteraksi dengan bisnis teman-teman via Google. Bisa dibilang ala sosial media ya posting pembaruannya.

Profil Bisnis teman-teman ((yang gratis ini)) memungkinkan konsumen secara langsung mengetahui informasi bisnis teman-teman seperti nomor telepon, alamat, dan jam buka via Google Search dan Google Maps. Google Bisnisku membuat teman-teman semakin mudah dalam mengelola tampilan bisnis, dan tentunya terlihat lebih mencolok dan mengundang orang untuk klik.

Setelah teman-teman memiliki akun Google Bisnisku, Google juga memberikan situs alias website gratis yang menarik dan memikat untuk teman-teman berinteraksi dengan pelanggan baru. Situs bisnis ini juga layak untuk diiklankan.

Bagaimana Supaya Banyak Dilirik pelanggan?

Pastikan untuk selalu memperbarui profil bisnisnya teman-teman dengan foto terbaru, penawaran spesial, dan promosi untuk memudahkan pelanggan memilih produknya teman-teman.

Teman-teman juga bisa merespons ulasan, posting foto produk, hingga event. Google akan memberikan laporan atas setiap postingan yang sudah teman-teman buat melalui fitur insight. 

Insight bisa jadi patokan, kira-kira postingan mana saja yang paling banyak disukai pelanggan ataupun yang paling jauh menjangkau pelanggan. Sehingga kedepannya, teman teman bisa membuat konten yang disukai oleh pelanggan. 

Apa itu Situs atau Website Bisnis Google?

Situs atau website bisnis Google adalah situs profesional gratis untuk bisnis teman-teman. Pembuatannya dilakukan secara otomatis menggunakan informasi dari Profil Bisnis teman-teman.

Kabar baiknya adalah, situs ini bisa diperbarui secara otomatis ketika teman-teman membuat perubahan pada profil. Dan bisa juga di update mandiri, tanpa melalui aplikasi GMB, cukup menggunakan HP.

Bahkan teman-teman bisa memilih berbagai macam cara untuk dihubungi, seperti melalui telepon, whatsapp, SMS, Chat messenger, ataupun permintaan penawaran.

Bikin Sama-sama Yuk!

Ini tampilan GMB Saya di Google Search:

Google-Bisnisku-Cindaga-Comms
Google-Bisnisku-Cindaga-Comms

Nanti Teman-teman kalau mau update informasi bisnisnya tinggal klik tanda pensil yang ada di profil bisnis:

Jadwal-Buka-Cindaga-Comms
Jadwal-Buka-Cindaga-Comms

Sekarang teman-teman coba buka play store-nya dan install google my business atau google bisnisku.

Pilih “Mulai”, dan silahkan login menggunakan akun gmailnya.

Membuat Google Bisnisku

Selanjutnya masukkan nama bisnis dan alamat lengkapnya, teman-teman, lalu klik berikutnya.

Isi semua informasi selanjutnya, seperti melayani pengiriman barang atau enggak, kemudian jangan lupa arahkan peta dengan tepat menggunakan jari-jarinya teman-teman ya. Soalnya saat mengisi alamat, peta tidak langsung secara otomatis nempel di lokasi, harus diarahkan dengan tangan pin-nya. 

Jangan lupa masukkan kategori bisnis teman-teman, kalau tidak ada yang sesuai, masukkan saja yang paling mendekat kategori bisnisnya teman-teman. Ingat, satu alamat bisa dipakai untuk beberapa akun GMB, dengan syarat, kategori bisnisnya berbeda. 

Misalnya, teman-teman sudah menggunakan alamat email saat ini untuk kategori food, nah, apabila ingin menggunakan alamat email ini lagi berarti harus berbeda kategori, misalnya fashion. 

Selanjutnya pilih metode verifikasi. Metode verifikasi sendiri ada 4, yaitu auto verifikasi, kemudian verifikasi langsung, ada juga verifikasi menggunakan sms, dan yang terakhir verifikasi menggunakan kartu pos. 

Apabila teman-teman memilih verifikasi menggunakan kartu pos, biasanya datangnya agak lama ya. Terutama saat pandemi Covid19 begini. Mungkin akan membutuhkan waktu kurang lebih 2 minggu supaya kartu posnya sampai ke alamat teman-teman. 

Google My Business (GMB) Harus Diverifikasi

Kenapa untuk bergabung di GMB harus diverifikasi dulu sih? Verifikasi memungkinkan Google untuk mengonfirmasi bahwa betul teman-teman adalah pemilik bisnis yang sah.

Di dunia maya juga ada izinnya, yes, sehingga Google juga gak was-was dan percaya bahwa teman-teman memiliki otoritas untuk mengelola Profil Bisnis Google yang sudah dibuat.

Bagi Google, keamanan data teman-teman itu sangat penting. Google tidak ingin ada orang lain yang bisa memperbarui Profil Bisnis teman-teman tanpa adanya izin dari pemilik bisnis yang sah. 

Teman-teman bisa memverifikasi kepemilikan melalui telepon, SMS, atau dengan meminta kartu pos berisi kode verifikasi dari Google ke alamat teman-teman. 

Itu dulu untuk hari ini ya, mudah-mudahan bermanfaat ilmunya. Silakan juga kalau ada pertanyaan bisa meninggalkan info di kolom komentar

Leave a Comment